Pages

Labels

Sabtu, 14 Juli 2012

Scanner

Merupakan alat elektronik yang berfungsi hampir sama dengan mesin fotokopi. Hasil mesin fotokopi dapat langsung dilihat pada kertas, sedangkan hasil scanner ditampilkan pada layar komputer terlebih dahulu, kemudian baru diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus dan dapat disimpan sebagai file teks, dokumen dan gambar.

Fungsi

Mengkopi gambar, foto, dokumen dan teks ke dalam media penyimpanan seperti harddisk, disket, USB Flash dan CD.

Cara Kerja

· Ketika menekan perintah untuk mulai scan pada layar yang terjadi adalah :

· Penekanan tombol mouse komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.

· Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.

· Nyala lampu yang terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.

· Setelah nyala lampu sudah tidak ada berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar.

· Jika hasil atau tampilan teks/gambar ingin diubah kita dapat mengubahnya dengan menggunakan software aplikasi yang ada misalnya dengan adobe photoshop.

Jenis

· Flatbed scanner, yaitu scanner yang berbentuk seukuran kertas folio atau seperti mesin fotokopi kecil.

· Handy scanner, scanner yang berbentuk seukuran postcard atau seperti mouse tetapi lebih besar dan digerakkan oleh kita ke objek yang akan di scan.

· Pen scanner, scanner yang berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WisCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke komputer pribadi.

· PSC ( print, scan, kopi ) scanner yang sudah tergabung menjadi satu dengan printer dan mesin kopi. Pada era sekarang jenis scanner ini lebih banyak diminati karena lebih ekonomis dan mempunyai banyak fungsi.

Perbedaan setiap scanner dari berbagai merek terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol digital dan teknik pencahayaan.

Troubleshoting

Tidak dapat bekerja atau terdeteksi komputer. Hal ini terjadi karena biasanya karena kabel konektor scanner renggang atau tidak terpasang dengan baik atau karena driver yang di instal ke komputer tidak sesuai dengan jenis scanner. Adapun solusinya pastikan kabel konektor scanner ke CPU terpasang dengan baik dan instal ulang driver scanner sesuai dengan tipe dan mereknya.

0 komentar:

Posting Komentar